Now Reading
Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

puasa sehat

Puasa atau menahan makan, minum, serta hawa nafsu telah ada sejak beberapa abad lampau. Puasa sering kali hanya sebagai tuntutan agama maupun budaya. Salah satu puasa yang paling umum adalah puasa Ramadhan.

Ini dia Manfaat Puasa yang Elia dapat dari berbagai sumber :

1. Mengontrol Gula Darah

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa puasa dapat mengontrol gula darah. Studi yang melibatkan 10 orang penderita diabetes tipe 2 menunjukkan, puasa dalam rentang waktu tertentu dapat signifikan menurunkan kadar gula darah. Menurut ulasan lain, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat orang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin. Dengan mengurangi resistensi insulin, sensitivitas tubuh terhadap insulin dapat meningkat. Sehingga glukosa dari aliran darah bisa berpindah ke sel tubuh lebih efisien. Selain itu, gula darah seseorang saat berpuasa juga cenderung menurun. Dengan demikian, manfaat puasa bagi kesehatan ini dapat berguna bagi orang yang berisiko diabetes.

Baca Juga : Pentingnya Menu Sehat Berbuka Puasa dan Makanan Sehat Saat Puasa

2. Membantu penurunan berat badan

Secara teori, pantang dan minuman untuk sementara waktu dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Selain membatasi konsumsi kalori, kandungan bertahap lemak dapat mengurangi dan mempertahankan jaringan otot. Studi juga terbukti, puasa dapat meningkatkan metabolisme. Jalurnya adalah untuk meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat membantu penurunan berat badan.

3. Potensi meningkatkan kesehatan otak.

Penelitian tentang hewan menunjukkan, puasa dapat meningkatkan kesehatan otak. Menurut penelitian, puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel-sel saraf untuk meningkatkan fungsi kognitif. Karena puasa dapat mengurangi peradangan, puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung sejauh ini tetap menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Terapkan pola dan gaya hidup sehat adalah cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Studi yang melibatkan 110 orang dewasa dengan hiburan yang kelebihan berat badan, puasa selama tiga minggu dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah, kadar trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, penelitian lebih dari 4.000 orang juga menunjukkan, puasa dapat mengurangi penyakit koroner dan diabetes. Seperti diketahui oleh tekanan darah, kolesterol, diabetes adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

See Also
puasa pertama

5. Memperbaiki suasana hati

Setelah beberapa hari puasa, proses detoksifikasi fisik dan mental dalam tubuh dapat berjalan secara alami. Detoksifikasi fisik dapat dimungkinkan karena racun yang disimpan dalam lemak tubuh dapat rusak. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan hormon endorfin. Ketika tubuh memiliki lebih banyak hormon endorfin, Anda bisa merasa lebih baik atau lebih bahagia. Dengan lebih banyak hormon endorfin, Anda dapat merasakan kesehatan mental yang lebih baik.

Yuk tetap semangat dalam menjalani puasa kamu, apapu tujuannya, semoga puasa kita dilancarkan. Bila perlu makanan untuk berbuka, pesan aja Pempek Warisan di sini.

Cek Promo Pempek Spesial Ramadhan di Tokopedia.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top