Now Reading
Manfaat Anak Memiliki Hobi

Manfaat Anak Memiliki Hobi

Hobi adalah sesuatu yang biasa untuk setiap orang. Hobi dapat berubah-ubah sesuai usia seseorang dan tidak ada batas waktu apakah hobi itu akan bertahan lama atau tidak. Bagi orang dewasa, hobi umumnya hanyalah selingan aktivitas sehari-hari.

Namun ternyata, hobi memiliki manfaat khusus bagi anak-anak. Berikut ulasannya!

  1. Melatih Percaya Diri

Manfaat pertama anak yang memiliki hobi adalah melatih percaya diri. Dengan memiliki kegiatan baru, ia akan belajar bagaimana ketika bertemu orang baru dan mengexplore apa yang dia suka. Contoh sederhananya adalah ketika ia berani berkenalan dengan orang baru, ketika ia memperkenalkan diri ataupun ketika ia harus public speaking. Awalnya mungkin anak Anda akan merasa malu, namun lama kelamaan, bila percaya , anak Anda akan menemukan caranya sendiri untuk mengatasi rasa malunya.

BACA JUGA : Menggambar Merupakan Hobi si Kecil? dan Buat Anak Suka Sayur

  1. Melatih Bersosialisasi

Bersosialisasi biasanya adalah tantangan yang besar bagi seorang anak. Pada fase ini, ia akan mengenal orang lain selain orang di rumahnya. Ia akan belajar berbagai watak dan sifat seseorang, ia akan belajar bahwa diluar sana ada orang baik dan juga orang jahat. Lalu ia akan belajar bagaimana caranya berkenalan. Bersosialisasi yang baik sejatinya butuh latihan. Bila ia terbiasa untuk memulai percakapan terlebih dahulu terhadap orang, maka bersosialisasi bukan lagi penghalang untuknya dan akan memudahkannya di masa depan.

  1. Mengasah Kreativitas Anak

Seorang anak yang memiliki hobi memiliki lebih banyak potensi untuk berkembang dari segi kreativitas. Ia akan memiliki kesempatan untuk mencoba apapun yang ia mau tanpa barier penghalang. Meski kelihatannya kegiatan yang ia memiliki sepele, nyatanya hobi sederhana mampu menarik kreativitas anak berkembang jadi lebih baik.

  1. Menambah Wawasan dan Pengalaman

Kegiatan baru tentu saja memberikan banyak wawasan dan pengalaman kepada anak. Contohnya pengalaman mengikuti perlombaan, pengalaman dengan orang-orang baru dan banyak hal lainnya. Seringkali ketika di tempat baru, ia akan bergaul dengan anak-anak dengan usia di atas ataupun di bawahnya. Hal ini akan menjadi kesempatan yang sangat baik bagi anak untuk menambah wawasan dan pengalamannya.

See Also

  1. Melatih Anak Mengatur Waktu

Mengatur waktu dan disiplin adalah bagian dari anak belajar juga. Mengatur waktu sejatinya adalah pekerjaan mudah, namun membutuhkan disiplin yang tinggi. Seringkali ketika sudah dewasa seseorang masih tidak bisa mengatur waktunya, hal itu tidak lain dan tidak bukan dikarenakan tidak membiasakan diri sejak kecil untuk hidup disiplin. Jadikan hobi si kecil sebagai sarana ia belajar me manage waktu!

Yuk coba dekatkan hubungan dengan anak-anak dengan pempek warisan, pesan di sini.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top