Now Reading
Hidangan Khas Cap Go Meh

Hidangan Khas Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh

Tahun Baru Imlek kurang meriah kalau tidak ada hidangan khas Cap Go Meh.
Namun di era Pandemi seperti ini, perayaannya secara terbatas dan protokol kesehatan yang ketat lho. Bahkan di beberapa daerah bagian Indonesia yang biasanya melakukan perayaan Cap Go Meh tidak ikut merayakan untuk menghindari penularan COVID-19.

Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek Hokkian yang memiliki arti secara harafiah bermakna “15 hari atau malam setelah Imlek”. Kata “Cap” mempunyai arti sepuluh, “Go” adalah lima, dan “Meh” berarti malam.

Perayaan Cap Go Meh atau Perayaan Lampion ini tidak hanya di Indonesia saja. Beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga ikut merayakan hari raya ini.

Biasanya, kegiatan cap go meh adalah beribadah di vihara atau klenteng saat pagi, lalu melanjutkan dengan melihat pertunjukan barongsai dan kesenian khas Tionghoa lainnya, dan tentunya makan-makan.

Ini dia makanan yang biasa hadir pada saat Cap Go Meh dan rekomendasi dari Elia untuk perayaan Cap Go Meh :

Lontong Cap Go Meh
  1. Lontong Cap Go Meh
    Meski bukan termasuk tradisi asli masyarakat Tionghoa, sajian lontong capgomeh ternyata menjadi menu makanan wajib perayaan CapGoMeh di Indonesia. Dari tampilannya, lontong capgomeh memiliki bentuk bulat panjang yang akan menghasilkan bentuk bulat sempurna ketika dipotong. Bentuk ini menyerupai bulan purnama yang memiliki makna agar dapat mendatangkan keberuntungan, kesehatan, dan rezeki.
  2. Onde-onde
    Selain lontong cap go meh, masyarakat Tionghoa juga memiliki tradisi menyantap onde-onde. Hidangan ini umumnya terbuat dari tepung beras ketan, lalu diisi dengan selai buah. Namun seiring berjalannya waktu, kreasi onde-onde pun semakin beragam. Di China, onde-onde umumnya hanya memiliki satu jenis isian yakni gula merah dan berwarna kecokelatan. Sementara di Indonesia sendiri kini sudah banyak kreasi onde-onde seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan lain sebagainya.
  3. Kue Keranjang / Nian Gao
    Merupakan salah satu makanan yang wajib disajikan pada perayaan Imlek atau Cap Go Meh karena memiliki makna peningkatan kesejahteraan dari tahun ke tahun. Kue ini sebetulnya sudah ada sejak 3000 tahun silam, namun baru dipergunakan sebagai sesaji pada upacara sembahyang leluhur, tepatnya tujuh hari menjelang Tahun Baru Imlek, dan puncaknya pada perayaan Cap Go Meh.

Selain dari 3 Sajian Utama Cap Go Meh di atas, Ini dia Rekomendasi Elia untuk teman perayaan Cap Go Meh

Pempek Garing KRIUKK
  1. Pempek Garing KRIUKK

Sebagai cemilan dan juga pemancing nafsu makan karena isi dari pempek garing ini lebih banyak kandungan ikan dan tepungnya sangat sedikt itu pun tepung Gluten Free.
Sangat aman bagi yg sedang / harus diet khusus Gluten Free.

Tekwan
  1. Tekwan

merupakan singkatan yang berasal dari bahasa palembang “berkotek samo kawan” artinya mengobrol bersama kawan yang kemudian disingkat menjadi “Tekwan” . Sangat cocok buat Sobat PW yang suka ngumpul. Tetap patuhi protokol kesehatan yah sobat PW.

See Also

Pempek Mix
  1. Pempek Mix

Berisi Pempek Kapal Selam Besar, Pempek Lenjer, Pempek Kulit, Pempek Adaan dan Cuko atau Kuah Pempek.
Rasakan berbagai macam jenis dan rasa dari Pempek Warisan di dalam Paket Mix ini.
Rasa gurih dan ikan nya sangat menonjol, tanpa menimbulkan bau amis.

Di antara berbagai makanan di atas, makanan mana yang menjadi favoritmu?
Nikmati perayaan Cap Go Meh dengan Pempek Warisan rasa ikan asli dari Elia Food.
Pempek Warisan – The Reason for Your Smile Today

Tertarik untuk mencoba rasa dari pempek ikan terbaik dari pempek warisan?
Pesan di sini

What's Your Reaction?
Excited
2
Happy
2
In Love
1
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top